#80: And Other Dog Stories

#80: And Other Dog Stories

Ujian Nasional Berikan dua contoh perubahan sosial yang terjadi pada era pandemi covid 19 yang berpotensi menyebabkan konflik!​

Berikan dua contoh perubahan sosial yang terjadi pada era pandemi covid 19 yang berpotensi menyebabkan konflik!​

Pada era pandemi COVID-19, berikut adalah perubahan sosial yang terjadi dan bisa memicu konflik:

  1. Adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), perubahan sosial ini bisa memicu konflik karena ada beberapa lapisan masyarakat yang harus keluar rumah untuk bisa mencari nafkah. Dengan adanya pembatasan ini, maka ekonomi masyarakat menjadi terhambat dan bisa memicu konflik di negara karena lemahnya daya beli.
  2. Adanya pembatasan kerumunan, perubahan sosial ini bisa memicu konflik karena pembatasan kerumunan ini terjadi pada fase yang sangat cepat. Perubahan sosial secara mendadak ini membuat masyarakat tidak siap. Selain itu, sanksi yang dikenakan pada pelanggar kebijakan ini juga cukup represif sehingga bisa memicu terjadinya konflik.

Pembahasan

Perubahan sosial adalah adanya perubahan pada nilai, norma, hingga lembaga kemasyarakatan di suatu wilayah karena adanya dinamika dalam kehidupan manusia. Pada dasarnya, perubahan sosial adalah hal yang tidak bisa dihindari karena salah satu sifat dasar dari manusia adalah selalu menginginkan adanya perubahan. Adanya pandemi COVID-19 juga menciptakan adanya perubahan sosial, tepatnya perubahan sosial yang tidak direncanakan. Perubahan sosial yang terjadi akibat pandemi COVID-19 ini terjadi karena adanya kewajiban bagi setiap lapisan masyarakat untuk berkontribusi terhadap menahan laju penyebaran virus COVID-19. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan, PPKM, hingga percepatan vaksinasi di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis perubahan sosial

https://brainly.co.id/tugas/8032624

#BelajarBersamaBrainly